My Ads

Saturday, April 20, 2013

A "berantakan" Review About Acer Aspire E1-451G

ULASAN ACER ASPIRE E1-451G ala BAPAKDODO

Hari ini 19 April 2013,
Hari pertama aku meninggalkan TOSHIBA yang dulu biasa menemaniku kemana-kemana jauh di dalam pojok lemari berwarna pink itu. Ku tinggalkan beserta pasangan sejatinya, charger.
Wajah merona, bibir menyungging senyuman siap membuka kotak yang jauh kubawa dari Jalan gajah mada, bertuliskan Acer.
Perlahan ku buka, ribet sungguh desain kotaknya, but I like it! Perasaan senang bahagia akhirnya terpuaskan melihat sosok hitam glossy bertuliskan Acer, kubuka flipnya, kombinasi processor dan VGA AMD sekaligus, membuat momentum sejarah bagi transisi laptop kali ini begitu komplit, dari yang mulanya

ALL INTEL menjadi ALL AMD

Kepindahan ini cukup menjadi dilema, berapa hari saya harus merenungi dan mengubek-ubek mbah gugel yang bergoyang, bertanya sana-sini, dari kaskus hingga yahoo answers, dari bahasa indonesia hingga bahasa inggris, mementokan pilihan kepada dua jenis laptop dari silsilah berbeda ASUS dan Acer.

ASUS di wakili si A46CM blabla (saya tak hafal ujungnya) dan Acer diwakili si blacky yang saya pegang sekarang. Yang paling membuat hati makin bimbang adalah kegalauan dalam memilih performa laptop mana yang paling cetar membahana. Core i3 milik si ASUS adalah yang ULV, berkecapatan 1.8 GHz sedangkan si E1 ini diwakili si AMD A8-4500M, yang karena ini adalah AMD saya betul-betul nol untuk mengenal seri procie dari perusaahan ini.
Permasalahan kedua tentunya datang dari VGA yang satu dibekali GT 635 (yang katanya adalah VGA allienware) dan E1 dibekali AMD 8750M, yang lagi-lagi kisaran AMD saya masih buta kayu.i
Yang juga tak kalah membingungkan adalah masalah review dari beberapa teman di situs-situs tanya jawab yang hampir semuanya merujuk ke E1 sebagai pilihan mereka, namun jika menilik harga A46CM sekitar beberapa ratusan ribu diatas E1 ini. Ini mengganggu karena saya adalah orang yang sangat percaya ada harga ada kualitas, atau ekstrimnya harga itu adalah kualitasnya, so nangkap dong maksud tersiratnya? A46CM dalam prinsip saya adalah lebih baik.
But, overall setelah melewati masa merenung hampir seminggu dan diakhiri dengan masa begadang berdurasi terpanjang selama setahun ini, yakni jam 4, saya masih juga belum memutuskan apa-apa. Bingung, bimbang, galau tentunya karena permasalahan uang, masalahnya adalah dengan uang saya yang segitu saya ingin ia worthed dengan value dan performa dari laptop yang saya beli nantinya.

Sebelum berbicara ngawur berantakan alias tak karuan lebih jauh, saya tampilkan spek lengkap ke dua laptop yang hampir menjadi buah bibir saya selama beberapa pekan terakhir:

1. ASUS A46CM

Asus A46CM - WX091D
Spesifikasi : Core i3 3217UM 1.8Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA nVidia GT635 2GB, Screen 14" Wide Crystal LED, DOS
Harga Pasaran Terendah : Rp 5,414,000


2. Acer Aspire E1-451G

Spesifikasi: AMD QuadCore A8 4500M 1.9Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, DVD/RW, VGA AMD HD8750-2GB, Screen 14" Wide LED, DOS
Harga Pasaran Terendah / Rata-rata : Rp 5,220,000


Berikut juga, beberapa screenshot yang berguna sebagai bahan pertimbangan:

1. Processor
KLIK UNTUK MEMPERBESAR


2. VGA
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

3. Game-game yang bisa dimainkan dengan AMD Radeon 8750M saya ambil dari Notebookcheck:
KLIK UNTUK MEMPERBESAR
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

3. Ini review-review ala kawan-kawan/forum-forum yang saya dapati:
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

KLIK UNTUK MEMPERBESAR

4. Review hasil modifikasi otak saya
Kualitas A8-4500 menurut beberapa sumber hampir menyamai si Core i5 nya si Intel, ndak tahu versi mana, jadi kita kembalikan ke proses ULVnya ASUS A46CM, maka disini kalah telak. Sedangkan mengenai VGAnya, jelas sudah mengenai screen shot di point 3 mengatakan bahwa 8750 M hampir menyamai si Nvidia GT 640M atau sedikit di bawah itulah, yang cukup menggambar bahwa kualitas dari si grafik AMD ini cukup mumpuni untuk melakukan pekerjaan berat seperti game / desain grafis.
Tentang game, dapat kembali dilihat di point 2,m bahwa memang di tiap comparison benchmark yang ada tidak pernah menampilkan VGA milik ASUS A46CM, NVIDIA GT 635M berada di atas Radeon HD 8750M.
Body design, banyak yang mengatakan bahwa laptop tipis (si Asus tergolong slimbook) tidak cocok dipergunakan untuk memainkan game/pekerjaan berat lainnya kasian laptopnya cepat panas, dan saya percaya itu. :), makanya mungkin si tipis Asus dibekali ULV karena memang didesain tidak untuk pekerjaan berat.
Service center, saya berlokasi di Pontianak saat saya tanyakan ke mas-mas penjaganya beliau memberikan gambaran, bahwa untuk "ASUS kita harus melakukan perbaikan/claim di Jakarta, sedangkan Acer kita sudah punya di Pontianak ini", semakin mempertegas alasan saya untuk memadu kasih via Aspire E1-451G.
Ini laptop baru, ini yang cukup aneh alasan belinya. Dari info yang saya baca di internet bahwa si Acer ini baru nyampe Indonesia sekitar Januari 2013, jadi kalau dihitung-hitung baru sekitar 4 bulanan umurnya. Saya suka yang fresh beginian.
Harga, sedikit dibawah si ASUS A46CM : Rp 5.600.000,- berbanding Acer E1 : Rp 5.500.000,-.
Pesan beberapa kawan-kawan via forum atau kontak langsung, pertimbangkan tiga hal sebelum membeli laptop, 1. Prosessor, 2. VGA dan 3. RAM, dalam hal ini RAM saya kesampingkan karena komponen ini bisa upgrade kapan aja. sedangkkan 1 dan 2 adalah harga mati tidak bisa diganti. 1 dan 2 dipandangan saya tetap dimenangkan oleh Acer E1-451G.

Well, bagaimanapun mau kenyataannya nanti lebih membahana si Asus A46Cm kek mau si E1 yang unggul kek, saya telah memilih, so what next? enjoy the device, explore it, and make it useful!!
Hidup adalah pilihan, Tidak memilih berarti anda tidak hidup, heheee
Selamat Memilih
:)


Bapakdodo
Pontianak, 21 April 2013
Postingan kedua di hari emansipasi wanita... Selamat Ulang Tahun Kartini Indonesia.............

160 comments:

  1. udah beli laptop acer e1 451g gan? gimana bagus ga? ane juga mau beli itu laptop, tp masih cari2 informasi mengenai laptop itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini membahana gan (mungkin karena ane mengkomparasiny dg laptop lama ane..).. semua settingan game yg ane punya ane buat yg tertinggi lancar-lancar aja gan...
      Tp belum explore lebih jauh sih, soalny bru pegang 3 hari...
      Selamat bersemedi yaaa...

      Delete
    2. iya gan ane ini tinggal beli :D tapi cuma ada satu keraguan lagi mengenai ketahanan dan keawetan lptop acer yang katanya kalau di pake game berat jadi cepet rusak gitu, gimana tuh gan? laptop yg agan gmn??

      Delete
    3. Klu dr sudut pandang ane sih Gan, awet ndaknya si laptop tergantung perwatan dan penggunaan kita. Namnay brg elektronik pasti gampang rusak kalau ndk kita jaga baik2 aplagi sampai forsir utk game nonstop.

      Ohh ya, alasan ane juga buat mlih Acer krna service centernya dekat gan. jd klu ada apa2 ndk perlu jauh-jauh.

      Delete
    4. udh coba main crysis 3 belum, gmn hasilnya? oya, dapet harga berapa?

      Delete
    5. Belum gan, hehe,, ane ndak punya master software crysis 3 buat install..
      Tapi dr yg ane baca sih, performa si Acer E1 ini standardnya si Battlefield ,
      nahh, oleh krna itu Game sklas itu lancar2 aja gan, apalagi game dibawahnya makin lancar..

      krna ane blum pernh main crysis 3 sama battlefield, mana yg lebih menguras tenaga laptop ya?

      Delete
    6. iya sih gan semuanya tergantung pemakaian kayaknya yah kalau kita jaga mungkin bisa lebih awet lebih lama
      yasudah terima kasih gan reviewnya
      secara keseluruhan gimana itu laptop gan? memuaskan ga?

      Delete
    7. hem sepertinya untuk crisis 3 ga cocok di laptop gan, terlalu berat kasian laptopnya kalau di pake gaming itu
      kalau battlefield sih masih kuat, soalnya sewaktu launching tes laptop itu menggunakan game battlefield 3 dan "katanya" lancar di settingan high
      dan ane masih cari gan video tes acer e1 451g main battlefield 3, sampai sekarang belum nemu

      Delete
    8. Harga kemarin dpt 5,5 jt gan, lokasi pontianak..
      overall sejauh ini laptop ini memuaskan sih, yg dulunya saya hrus bela-belain main football manager pake "karambol" skrg sudah ada 3D nya hehee..
      *dibandingin sama laptop ane yg dulu too yaaa...

      Iyya gan, standard nya emang battlefield 3.. oh gitu yaaa, jauh lbh berat crysis brarti ni..
      TQ gan infonya..

      Delete
    9. gan kalau boleh tau sewaktu beli laptopnya apa saja kelengkapan unit produk nya? selain charger dan kartu garansi

      Delete
    10. Dpat :
      - Mini colling fan
      - Flashdisk 8GB (luupa merknya)
      - Charger
      - Tas Acer
      - Mouse
      - Mouse pad
      - Keyboard protector
      - CD Driver
      - Kartu garansi

      disitu kena brapa gan harganya?

      Delete
    11. waah mantep tuh gan , tp tas yang kayak gitu tergantung sama toko nya ya gan
      sekitar 5,3 sekarang gan , lumayan turun dikit

      Delete
  2. emang baru main football manager gan? belum di cobain game berat kayak cod atau assasin 3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, dr awal emang ngidam FM..
      yg lainnya segera menyusul..

      oh iya, COD ane juga main cuma ndak tw versi mana, jadul kayaknya nii...

      Delete
    2. iya gan selamat bermain ria yah hahaha
      nanti kalau sudah pernah main battlefield 3 di laptop itu kabar2i yah gimana peformanya :D

      Delete
    3. Ane dah coba CoD nyang black ops gan..
      NO lag...

      pic menyusul yaa

      Delete
  3. Saya bingung gan kira" antara acer asplre e1-451g vs asus k55dr-152d mantapa mana y gan untuk performance ? Dr layar lebih asus 15,6".tlg dibantu y gan atau para suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tetep mending ke Acer E1-451G gan, mungkin spek yg lain hampir sama yaa, kcuali ukuran layar, hardisk, sama vga. Kalau agan tak masalah main di layar 14" ane cndrung saranin yg ane udah beli.. Acer E1-451G..
      alsannya mngkn dari ketiga ug brbeda diatas itu plg krusial ya si VGA nya:
      1. si VGA 8750 M itu VGA baru gan, mak nyuss
      2. Klu dri notebook check menempatkan si VGA K55DR (Radeon HD 7470 M) dibawah GT 610 nya Nvidia. nahh, jelas2, kalo GT 640 (yg performanya kurang lbh sama 8750) saja jauh diatas 610.

      mngkn bisa membantu..
      CMIIW

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Gan, gimana cara mengaktifkan webcam? karena lewat driver belum ada crystal eye Acer. Sedangkan lewat tombol Fn tidak ada kombinasinya, lewat all programs juga tidak ada crystal eye.
    Di laptop agan, VGA yang ke detect apa? VGA APU 7640G atau sudah HD 8750M? bagaimana cara mengaktifkannya. Soalnya E1-451G punya saya sudah saya install GTA 4 tapi hanya dapat FPS 20an (sangan tidak kompatibel). Tolong bantuannya gan, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar yaa gan,
      masalah 1 mengenai webcame, ane belum explore lebih jauh ni tentang itu..maaf ni..

      masalah dua, kalo menurut beberapa review sih gan, itu sistem sudah smart, artinya ketika memang laptop mengoperasikan operasi yg memerlukan kerja berat vga si 8750 akan langsung otomatis aktif.
      tp agan bisa langsung set, suatu aplikasi apakah bekrja berat atau ringan dgn cara:
      (bentar gan ane lupa)

      Delete
    2. utk prtanyaan nmor 2, baru dpt ilham lg gan,

      caranya:
      klik kanan di desktop,
      lalu pilih, configure switchable grapichs,
      nanti bakalan mncul game2 yg pernah dimainkan, lalu pilih High performance...

      done

      Delete
    3. Mas pilih high performance nya dimananya ya? Saya cuma sampe add application nya aja. Masa main nfs mw 2012 sampe lag gitu mas yah?

      Delete
  5. update dong main gamenya ngelag gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane baru install + mainin COD = Black Ops, so far, memusakan bangett.. No lag...
      screen shootnya mngkn menyusul gan.

      Delete
    2. kalo dota2? bomberlands 2? ama Assasins's creed terbaru?

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Gan aku dh ONhand ini laptopnya, kok didxdiag vga Radeon nya g ada yak? Terus sy udah klik kanan configure g ada pilihan high performance. Soalnya maen PES 2013 gambarnya kurang mantap. Gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Em,, kalo di dxdiag ane terbaca kok gan, cuma yang AMD Radeon 7640G gan..
      Kalo PES ane belum install ni gan, jd belum bisa kasi pencerahan lebih komplit, tp menurut prkiraan ane sih klu mengenai pencerahannya settingannya bukan di properties vga gan tp langsung di PES nya aja. coba korek-korek menu settingannya gan..

      Delete
  8. maz, saya juga pake laptop yang sama, tapi saya bingung euy, sebenernya nie laptop ada bluetooth ga sih? apa di maz bisa detek bletooth?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini, setelah eksplore ke penjuru laptop ini sih, sepertinya emang gak ada bluetooth internal nya ni gan,kalopun biasanya ada kan pasti juga di tertulis di spec nya (sarana promosi juga), tp ndak tertulis..

      CMIIW

      kena berapa hrganya mas?

      Delete
    2. kena 5.220rb maz,berarti bener ya ga ada bluetoothnya.. sebenernya ga terlalu penting juga c, cuma kan kalo ada lumayan,hhe.:D btw maz, saya ga nemu driver webcam di c drivernya, apa itu webcamnya bisa langsung di pake? sejauh ini belum coba app yang bisa make webcam soalnya..

      Delete
  9. Bos kata cs nya acer ni laptop otomstis klo bth krja bert radeon hd nya yg bekrja. Terus ada info kalo biar vganya yg radeon krja harus colokin adptor listrik? Bener g gan? Sistem vganya g ada yg reviewnya y gan . Thq bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. em, saya belum eksplore lebih jauh sihh mengenai sistem VGA nya gan, namun mnurut prediksi saya sih, memang di menu switchable nya itu ada pilihan Based on power source (brdasarkan sumber tenaga dr mana), tp kembali lg ke settingan sii Based on power sourcenya itu, yang apakah defaultnya langsung mengaktifkan Radeon 8750 M atau tidak.


      CMIIW

      Delete
  10. Laptop ini udah ada bluetooth built-in belum ?

    ReplyDelete
  11. gan ente pakein Amd Overdrive ga? ane download yg dr webnya langsung tapi koq cm bisa di setting turbo doank (2,4ghz) ga bisa di set lebih dr itu, pdhal sharusnya bisa.. ni apa gpunya g suport ato aplikasinya yg g cocok ama procienya y?

    eh gan.. ane maenin GTA 4 sengsara gila.. padahal Skyrim setting ultra juga berjaya.. kenapa ya kenapaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anne coba otak-atik bisa sampai 2,8 GHz kok gan...
      kayaknya suuport2 aja ni..
      ane pake yg versi 4.2.6, agan pake versi mana??

      emmm, ane blom coba nii maenin GTA 4,jd belm mrasakan bagaimana sensasinya..

      Delete
    2. sama gan, ane jg pake 4.2.6 yg donwloadable di web nya amd.. otak atik gmn gan cara nya? step by step ajarin dong gan.. apa ane ada salah ya pas di instalasinya..

      Delete
    3. hehehe, utak atiknya ya maksudnya klik-sana-klik sini aja gan, ane cuma geser ke 2.8Ghz terus apply, gitu aja gan...
      Kalau mengenai ksalahan instalasi sih tidak mnurut saya, soalnya kan udah bisa dipake gan...

      Delete
    4. hehe cuma utak utik y... tar deh ane cobain lg kpan2.. dah ane unins AOD nya.. tp pas itu sih ane geser2 ke 2.8ghz trus apply ttep nyantol di 2.4ghz clock speednya..

      ini bagi yg bingung mau instal OS apa ane saranin pake 7ulti 32bit... kenapa 7? jelas 8 masih buggy n byk aplikasi y g compatible.. kenapa 32bit? karena itu paling optimal untuk main di ram 4gb.. kecuali klo mo upgrade ke ram 8gb mantep tuh di 64 bit jd kepake penuh performanya.. hehee

      Delete
    5. Gan,
      ada kabar bahagia ni *lebay
      Sepertinya ane nemuin penyebab mengapa laptop agan ndak bisa max ampe 2.8 di AMD OD,
      masalahnya ada di POWER PLAN Windwos 7nya gan..
      coba agan custom ke performa paling tinggi gan..

      Delete
    6. lama g mampir..
      yang masuk ke control panel itu y gan? ane
      dah set dari balanced ke high performance.. dn aneh nya malah jadi turun ke 1.9ghz karena smart mode nya deactiv.. pusing ni ane.. nt pake OS apa gan? coba deh install ulang klo blum work jg..

      Delete
    7. Ane pake Windows 7 Pak Tani :D
      Smart Mode apa ya maksud agan??

      Iya Gan, intinya jangan menyerah..
      Keep Oprek..

      Delete
    8. Tanya gan, ane pake amd over drive 4.2.6 kok gak ke detect ya processor nya? Pencerahannya gan

      Delete
  12. gan katany ini pke linux
    bisa instal windows gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan,
      Linuxnya itu kan cuma defaultnya dr vendor (mungkin utk menekan hrga drpada pake windows ori)..
      contohnya ane kmrin itu, pas beli dikasi Windows 7(bajakan sihh tp)..

      Delete
  13. gan,mw nanya nih, acer e1-451g bawaan cd drivernya buat windows 7 ato windows 8 ya????
    yang 32 bit atau yang 64 bit gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D
      Kemarin ane ada buka sihh CDnya cuma lihat sekilas aja sihh Gan, cek isinya aja, ternyata isinya driver (biasanya yg lain ada aplikasi apa gitu, tp lupa tuu isinya 32 atau yang 64.. ntar yahh ane bongkar lagi tu kotaknya..

      Delete
  14. Terima Kasih atas ripiw nya gan, ane jg rencana mau ngambil E1 ini tp ane msh sedikiiiiit ragu.....apakah semua games bs di maenin?? TY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, :) maaf, tulisannya masih ala newbie..

      Jika konteksnya semua, tentu saja laptop dengan budgetnya yang segini masih banyak sekali keterbatasan gan, Laptop ini standardnya Battlefield 3.. Jadi lumayan tinggi, jadi jika diberikan "makanan" berupa game-game yang kerjanya dibawah Battlefield 3, pastinya lebih lancar membahana. Lalu bagaimana dengan yang memiliki kinerja diatas Battlefield 3, saya rasa masih bisa dimainkan dengan bebrapa kompromi tertntu seperti pengurangan kualitas detail grafik- misalnya di game Crysis 3..

      Delete
  15. gax rugi ane bli nih lepi, sebelumnya sih lepi ini gx ada di tmpat ane (aceh), jadi abang yg jualan itu lepi,pesan di medan dan harganya 5.3juta....

    Wah, ane senang bgt gan ini lepi baru ane pake 2 minggu, windows yang di instal windows 8 32 bit...
    mau nya sih ane ganti windows 8 64bit...

    masalah game nya gx usah diragukan lagi deh, c.o.d modern warfern 4 sama c.o.d modern warfern 2 jalan mulus kya jalan tol....
    yg paling ane demen nih ama ni lepi waktu main game di atas sensasinya beeuuhhh, keren abis....
    percikan airnya WOW...

    # worthed bgt ni lepi :D
    itu lah pengalaman ane ma ni lepi, kapan² kalau ad wktu ane tambhin lgi dah review gamenya...
    нªнªнª

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEPPP......
      Thanks Agan Ijal untuk tambahan review singkatnya, maaf ni baru respon soalnya dihuni berbagai macam kesibukan kampus..
      Sipp, keep ngoprek E1-451G yahh Gan...

      ditunggu laporan dari agan lagi nii..

      Delete
  16. mau nanya dong gan, saya juga pake E1-451G, terus mau naikin clock speednya kok gabisa ya, masih tetep 1,9 terus, info dong caranya gimanya biar bisa up sampe 2.8 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh dari Power Plan Windows nya gan,
      coba cek postingan saya di

      http://bapakdodo.blogspot.com/2013/05/amd-apu-tidak-bisa-maksimal-di-windows-7.html

      mungkin bisa membantu

      Delete
  17. minta infonya dong gan buat naikkin clockspeed~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh dari Power Plan Windows nya gan,
      coba cek postingan saya di

      http://bapakdodo.blogspot.com/2013/05/amd-apu-tidak-bisa-maksimal-di-windows-7.html

      mungkin bisa membantu

      Delete
  18. Gan. Mau nnya.. lptop acer e1 bsa gak bwt program visual basic 2012 dan program2 berat lainnya. Alna ane lg skripsian bwt aplikasi droid. Mohon infonya gan.

    ReplyDelete
  19. gan klw game PES 2013 udh pernah nyoba blom ya?

    klw udah bagi2 reviewnya ya gan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anne blom coba scara langsung sihhh...
      Tapi prediksi ane sih dgn beberapa perbandingan dg laptop temen ane yg speknya dibawah E1 aja lancar,
      kmungkinan bsar, pasti lebih lancar lagi di Acer E1 gan...

      Sipp..
      ane usahakan..

      Delete
  20. makasih gan reviewnya..
    udah menghilangkan rasa galau ama bimbang..
    udh 2minggu ini ane bingung milih antara
    ASUS K45DR ama Toshiba L840
    keduanya sma-sma AMD Quadcore A8-4500..

    skrg udah jelas mau pilih yg mna, tpi bukan dri dua merk di atas..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. senang bisa membantu.. :)
      Yupsss,
      Selamat telah berhasil milih gan,
      enjoy urs and make it useful..

      Delete
  21. gimana panasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dalam kategori normal sihh gan menurut saya..
      dengan ilustrasi pemakaian saya habiskan 1 jam main COD MW 3..

      Yang penting ingat-ingat aja mainnya plus pake fan..

      Delete
    2. gan ente pake win8/7?
      kl vga ny switch otomatis ya?
      bsa tahan brp jam gan, batreny kl wifi an ? kl gaming jg brp lama ?
      trus game bf3 n crysis dpt settingan brp ?

      sory gan bnyk tny, hehehe.. :)

      Delete
    3. Pake yang Win 7 x64 gan,
      Switch otomatis, tp harus buat power plan sendiri dulu gan, biar nggak terbatas sama hemat energinya Windows 7..

      Kalau tahannya sih, 4 jam lebih gan...
      Wifi : 4 jam juga
      Gaming : 3 jam gitu kali yaa..
      Battlefield 3: Ane ambil medium aja
      Crysis 2 : Settingan High

      No problem gan... :)

      Delete
  22. brapa suhu prosesor kalau dicek ama CPUID hw monitor..?
    punya saya napa tinggi amat, dalam posisi stanbay 90 derjat celcius
    apa ada settingan yang gak bener nih punya saya....
    mohon bantuin dong solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai CPUID hw monitor versi 1.20 brooo !!!

      Delete
    2. Sejauh ini ane udah coba buka pake berapa kali, tetap aa di 90 juga sihh gan..
      sejauh ini ane blum punya solusi ni...
      bagaimana menurunkannya,atau info mengenai standard panasnya berapaan gitu...
      tp buat preventif aja sihhh, pake kipas ajalah gan..

      Delete
    3. uninstal dulu app monitoring CPU-Z setelah direstart baru cek pakai cpuid versi 1.2 normal aja panasnya 36 drj posisi stanbay..main game 60 rjt....terbaca 4 core nya..

      Delete
    4. aku pakai cpuid hw monitor versi 1.20

      Delete
  23. mungkin bisa diralat gan,
    vga alienware itu yang paling minimum untuk sekarang GT650m bukan GT635m :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alienware M14 Rx2 tepatnya

      Delete
    2. Thanks gan infonya,,
      :)

      #Ngiler ane lihat spek ama bodi Alienware :(

      Delete
  24. kualitas speakernya bagus nggak bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang ane rasa sih kurang gan..
      Kurang menggelegar gitu dr yang ane rasa..
      Tp cukuplah kalau buat denger2 lagu sendiri...

      Delete
  25. gan, ane mau nanya nih, laptop ente pernah hang gag waktu browsing sambil ngetik dengerin lagu? atw lagi main game tiba" hang? soalnya ane ngalamin itu, kalo agan berkenan boleh kasih solusinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini, alhamdulilah, masih aman gan...
      Belum pernah yang hang tiba2..

      agan udah berapa pake laptpnya?

      Delete
    2. maksudnya, udah berapa lama pakai laptopnya?

      Delete
    3. udah 3bln gan sama bulan ini, waktu pertama kali beli pas coba dirumah langsung hang gitu gan, waktu itu pake win7 home premium, pas pindah ke win8 pro eh lag lagi laptopnya, supaya gak hang/lag gmn gan solusinya? apa perlu ditambah RAM nya?

      Delete
    4. tambahin aja ramnya biar tambah cepat punya saya pakai win 8 x64 lancar tapi saya balik lagi pakai win 7 x64 soalnya udah biasa sih

      Delete
    5. Yupss ane setuju gan sama agan yang diatas ini, buat nambahin RAM nya.. jadiin 8 GB gan, biar tambah maknyos..
      kalu agan pake yg x64 memang utk OS yg jenis ini hrus pake yang dual chanel biar maken moncer gan... jd 4 + 4..

      Delete
  26. Gan itu dual VGA nya bisa di crossfire in g ya ? Soalnya yang asus k45dr bisa di crossfire in jadi main GTA 4 lancar jaya pada setting HIGH.
    Sekedar informasi kalo VGA di crossfire in alias 2 vga bekerja bareng kan performanya lebih tinggi.
    Soalnya saya masih galau mau ambil asus k45dr biar bisa di crossfire apa laptop itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk E1, tipe VGA nya bukan crossfire gan tp Switchable.
      Kalau yg crossfire kan aktif dua-duanya, kalau switchable salah satunya jak yang akan aktif, saat pemakaian wajar 7640 yg aktif, klu dah perlu yg lebih bru pake 8750..

      Delete
  27. nice review, btw kalo boleh tau skor WEInya berapa ya untuk processor, ram, graphics, gaming graphics?

    ReplyDelete
    Replies
    1. E1, ane dpt:

      Procie:6,7
      RAM:5,5
      Graphic:5,6

      Gan..

      Delete
  28. ane main crysis 3 di laptop e1-451g setingan medium high fps 15-25 outdoor. 40-50 indoor . lumayan playable buat harga 5jutaan gan.
    cuman gta 4 sengsara abis high cuman 20fps setingan high.
    cara overclocking pake amd overdrive gimana ya gan? step by step.heehe
    hatur nuhun.

    ReplyDelete
  29. suhu laptop nya gmn nih waktu kerja berat tanpa cooling pad dan ac?
    Soalnya suhu di laptop menntkan keawetn dr tu laptop jg, apalagi dgn harga sgtu dpt spek mantp ane jd ragu mlh acer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane ukur pake Core tEMP 1.0
      sUHU procienya 42 derajat gan...

      Tp menurut ane skali lagi, trgantung kita gan utk jaga panasnya, pake cooling pad handal bisa jd solusi juga plus ingat2 waktu main game beratnya...

      Delete
  30. Gan tolong bantu ane dong lg bingung milih antara Acer Aspire E1-451G-84504G50Mnkk atau ini Asus A46CB-WX023D ............

    ReplyDelete
    Replies
    1. mnding asus A46CB yg i5 nya gan
      udah terbukti asus tu awet liat deh review di kaskus suhunya lbh dingin dibanding yg lain
      karena suhu laptop yg keseringa terlalu panas bikin laptop cepet rusak

      Delete
    2. E1-451g juga dingin.............
      kalau untuk main game gak ada yang dingin.....semua panas tergantung game yang dimainin.

      Delete
    3. Ane vote E1-451 Gan...
      Alasan ada dua:
      1. Subjektif, krna ane beli itu.. hehe
      2. Objektif, kayknya procienya lebih mumupuni Acer, soalnya yg Asus tipe nya 3217U, ivy bridge, hemat baterai tp mengorbankan tenaga..

      Delete
  31. kalau mau dingin masukin kulkas aja

    ReplyDelete
  32. Gan sudah beli E1-451G.. langsung install windows 8, office 2013, adobe cs6, dll. test game (lancar so far), berikut listnya:
    - need for speed run (setting Medium) lancar jaya semua efek seperti kabut, reflection, shadow dll TOP BGT
    - need for speed most wanted (setting med) lancar, agak sedikit macet saat load action tinggi, ane newbie blum tau tes fps
    - fifa 2013 (set. default) lancar jaya
    - pes 2013 (set. default) lancar jaya
    - call of duty modern warfare 3 (set. default) lancar jaya... sekarang sementara install black ops 2.

    Coba bandingin sama punya teman yang Asus i5 NVidia 2GB (lupa seri apa) cuma beda 1 point Windows experience indeksnya
    Berikut WEI Acer E1-451G

    Processor: 6.7 (asus i5 klu tidak salah 6.8)
    Memory RAM: 5.9 (asus lebih baik setara dia 4GB) tapi ini tinggal upgrade aja sendiri
    Graphics: 6.6 (asus lebih rendah karena Intel Graphics yang kedetect) sedangkan Acer sudah vision (fusion) dengan chipsetnya
    Gaming Graphics: 6.5 (asus lebih tinggi 6.6) beda .1 point doank
    harddisk: 5.9 (setara dengan asus) sama size mungkin

    weakness pointnya acer yang gw temukan so far:
    pernah ada kejadian putar aplikasi tutorial ujian tapi dari DVD, kemudian karena mau ikut ujian gw langsung tutup itu laptop (dalam keadaan aplikasi tetap hidup)taruh didalam tasnya selama 3 jam. alhasil ngga tau kenapa (karena applikasi DVDnya aktif kali) gila panas banget laptop gw sampai tas laptopnya juga ikut panas. gw langsung force shutdown sambil dinginin semalam suntuk sama kipas angin. jadi lagi deh lancar buat macem2.

    Overall dengan harga 5 jutaan (5,1jta) sangat worthed bgt.
    BTW, gw tulis ini lewat acer e1-451G.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MANTAPPPPPP GAN...
      Review cadas... hehee..
      sipp..
      #Salam Sesama Pengguna Acer Aspire E1-451G

      Delete
  33. gan mau tanya dong, nih kan ada 2 vga nya kira2 bisa di crossfire ga kaya asus a43ta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa gan, VGA di E1-451G bukan tipe crossfire (dua vga berjalan sama-sama) tapi tipe yang kalo perlu baru pake VGA yang lebih bagus 8750, kalo biasa2 aja kerjanya yang aktif cuma 76xx..
      CMIIW

      Delete
  34. gan ,anda beli laptop dmana ,pontianak mana

    ReplyDelete
  35. gan kok Catalyst Control Center gw gk bisa di nyalain ya? trus klo main game berat kayak The sims 3 kok CPU loadnya cuman 25% alias seperempatnya doang ya padahal FPS cuman 30an?? Btw CCC gw masih yang bawaan dari CD nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. download drivernya dari amd dijamin lancar. Call of duty warfare3 special ops 2 aja nggak ada masalah

      Delete
  36. Gan harga 5,5jt dh pke windows kh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Default nya sih Linux gan, tp waktu beli ane minta windows..
      #tapi versi Pak Tani

      Delete
  37. Gan lw main game, misal selama 3 jam kira-kira panas nya berapa derajat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tinggi ane pernah sampe, 60 derajat jan, ngeri2 juga.. tp ane bantu ama cooling pad, sama lepas baterai waktu itu, jdi agak turun panasnya..

      Delete
  38. Saya juga pake acer tsb, tapi saat cas batre kok sampe 99% gk 100% ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kalibrasi dulu gan...
      Charge full dulu di awal ( pokoknya se fullfullnya deh, mw 99 atau 100), lalu restart, dan masuk ke Safe Mode, dah tinggalin aja hingga baterainya habis, lalu charge full lagi, hingga penuh, lewatin 30 - 1 jam chargenya kalo penuh gan..

      Delete
  39. gan charge pertama kali ni laptop berapa jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak ada standarnya sih setahu ane, yang bilang hrus 8 jam dan bla-bla, cuma teori aja gan, praktiknya ndak ada perbedaanya yang chargenya standard..

      Tapi untuk awal2 Coba kalibrasi dulu gan...
      Charge full dulu di awal ( pokoknya se fullfullnya deh, mw 99 atau 100), lalu restart, dan masuk ke Safe Mode, dah tinggalin aja hingga baterainya habis, lalu charge full lagi, hingga penuh, lewatin 30 - 1 jam chargenya kalo penuh gan..

      Biar dayanya maksimal..

      Delete
  40. Gan, ini support sama OS linux kagak ?

    ReplyDelete
  41. gan,,tolong review yg battlefield 3 dong,,,ni laptop kalo di setting MED sam High dapet brapa FPS gann,,
    Pacuan ane sih cuma battlefield 3 aja gan,,,,Kalo untuk Crysis 3 hehehe agan tau sendiri kan Gamenya Beraat Bener ,,, jadi pake Battlefield 3 gan,
    Kalo di setting MED dpt skitar 40
    kemungkinan untuk setting Ultra bisa di akalin Gan,,,
    di tunggu yaa reviewnya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. batlefield 3 setting ultra rata rata 20fps.

      Delete
  42. jadi tertarik beli nih laptop, mumpung THR masih :D
    O iya gan, tolong kasih review pes 2013 dong.. kira-kira set medium-high bisa gak?
    thanks before :)

    ReplyDelete
  43. buat pes 2013 lancar gan di settingan high.. aku dah beli ni laptop..

    ReplyDelete
  44. gan..kok cpu gak detecy ya...mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. CPU apa ne maksudnya agan??

      Delete
    2. Gan ane mau nanya kalo game dragon nest cepet ga
      (Gameonlinegemscool)

      Delete
  45. http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=cK3HTtztg9g

    sempet ngorek-ngorek di google..
    dapet di kaskus eh nemu ini....
    mungkin bisa membantu...

    ReplyDelete
  46. far cry 3 setting ultra rata kanan full 12-25 fps

    ReplyDelete
  47. -need for speed hot pursuit 20 fps, setting rata kanan.
    -pes 2013 60 fps lebih, setting rata kanan semua.

    ReplyDelete
  48. ijin copas artikelnya ya gan, kereeeen, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disilakan gan,
      asal cantumin sumbernya yaa..
      Thank You..

      Delete
  49. gan kok ane mw install windows7 di ni laptop ga bisa ya ?
    udh ane booting ngga bs jg, knp ya ? sama pas di teken f12 ga muncul booting buat ke dvdromnya

    ReplyDelete
  50. gan nanya ne..q kan download game dri laptop E1-451G sdah slesai trus langkah berikutnya gmna??
    mhon petunjuknya..!!
    thk's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud agan lokasi penyimpanan hasil downloadan ya?

      Delete
  51. tanya gan kenapa ini laptop cepat panas yaa .. padahal gak di pake main game dan sdh di set power save

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi meletakkannya mungkin gan? usahakan ada rongga dibawahnya. lebih baik lagi pake cooling pad.

      Delete
  52. gan kalo ni lptop di bandingin lenovo g400s 6485 yg core i5, nvidia gt720 2gb, bagusan mana kalo untuk gaming?

    ReplyDelete
  53. ampun dah om ane baru pake ga ada sebulan kok suara kipasnya ganggu banget terrrrr terrr ga enak di kuping,

    ReplyDelete
  54. gan mau nanya nih bwat acer aspire ini ko klo bwa'annya di driver g ada yah bwat webcamnya..........tolong pencerahannya donk gan cz webcam ane lom aktif nih....
    n kira2 softwarenya download di mn yah.......

    ReplyDelete
  55. Gan game dragon nest bagus g ya giga nya kalo ga salah 3an kalo download cpet g di e1 (Gameonlinegemscool)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa HIGH.. setting pol kanan..
      Metal Gear Rising (23Gb) aja bisa apalagi Dragon Nest..

      Delete
  56. Gan bwt dragon nest bs ga (Gameonlinegemscool)

    ReplyDelete
  57. gan ane udah beli laptop acer E1-451g ini, ane mau naekin clockspeednya biar 2.8 ghz tapi masih takut, mohon pencerahanya ? apa bisa di up atau enggak, soalnya takut jebol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai yang standar aja gan, kalau masih baru2 ni.. sayang menurut ane. resikonya nanti ndak sebanding dengan yang didapatkan.

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Ane mau ambil laptop ini hari minggu gan .. bimbingannya ya kalo butuh apa2 ..Seumpama kita main game berat terus di kasih Fan bisa tahan berapa jam ya gan ? takutnya kaya laptop lama .. dibuat main game Berat 2 jam tau2 mati sndiri gara2 kepanasan padahal udah pake fan .. ada cari lain buat dingin laptop kagak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahain selalu pakein fan gan, dan kalau bisa pakai fan yang agak besar daya serapnya. 2 jam ane rasa terlalu lama gan, kasian laptopnya. coba mainnya per 1 jam istirahatkan 30 menit laptopnya. semoga membantu.

      iya gan. kita saling sahring disini. ane bukan ahli pc.hehe hanya membagi informasi. hehe :D

      Delete
  62. ane mau blei laptop e1-451g soalnya sya mau main game need for speed most wanted 2012 tapi masih ragu, tolong pencerahnnya apa bisa NFS MW 2012 di laptopn ini gan

    ReplyDelete
  63. bang acer e1-451g sekarang masih di pasarkan? misalkan masih:
    acer aspire e1-451g-84504g50mn dan acer aspire e1-451g-84504g50mnkk enakn yg mna maikainya?? atau sama aja??

    ReplyDelete
  64. gan mau nanya nih, cara meningkatkan processor nya dari 1,9 ghz ke 2,8 ghz gmn ya? terimakasih

    ReplyDelete
  65. Gan dari pemakaian anda , battlefield 3 emang bisa setting high ? (Bisa = FPS >30) Cobain main game outlast gan ... Ane tunggu jawaban anda yang mulia :v

    ReplyDelete
  66. Gan dari pemakaian anda , battlefield 3 emang bisa setting high ? (Bisa = FPS >30) Cobain main game outlast gan ... Ane tunggu jawaban anda yang mulia :v

    ReplyDelete
  67. Punya adek ane kok layar bergoyang kenapa ya bang baru beli second 4 hari

    ReplyDelete

My 2nd Ads