My Ads

Sunday, December 14, 2014

(Share) Tips Psikotest PKSS (Seleksi Pekerja BRI)

Tips tes psikotes BRI, saran psikotes bri, cara mengerjakan psikotes bri, tips lolos psikotes bri
Pagi,
Apabila anda berniat masuk sebagai pegawai BRI maka anda akan di hadapkan paling minimal 4 (empat) kali tes, yang pertama adalah interview awal, psikotest, interview akhir, dan terakhir kesehatan. Saya sudah posting mengenai apa dan bagaimana sih di tes interview sama bapak-bapak BRI. Lihat : Interview BRI
Kemudian lanjut kepada sesi kedua, yaitu psikotes di PKSS atau Prima Karya Sarana Sejahtera yang merupakan anak usaha langsung BRI. Baik bukan tentang PKSSnya ini tentang psikotestnya.
PSIKOTES BANK RAKYAT INDONESIA PKSS PPS
Awal:
1. Peserta disuruh hadir sekitar jam 8, yaa mulai-mulai jam 9 gitulah.
2. Isi absensi
3. Sepatah dua patah kata dari Bapak-bapak PKSS
4. Absensi satu persatu
5. Perkenalan Mbak-mbak Psikolog

Inti:
Peserta tes akan diberikan (eemm.. agak agak lupa saya), 4 jenis tes, satu Tes Matematika Umum (soal cerita gitulah), Tes Deret Koran, Kepribadian (ada 90 soal), lalu sama tes mencocokan gambar. Kalau tidak salah hanya empat itu tesnya, tapi menghabiskan hampir tengah hari jam 11 lewat gitulah. Saya coba jelaskan mengenai apa itu masing-masing tes, bukan menggurui yaa, hanya menceritakan saja apa yang saya tahu dan tidak juga ingin sok tahu :) hehe..

1. Tes matematika umum
Klik kanan - Open Image in new tab (untuk memperbesar gambar)




















Itu contohnya, ya jenis-jenisnya ndak jauh beda sama soal di atas. Mudah sepertinya. Ya saya rasa cukup mudah, tapi yang buat itu sulit adalah waktunya brotha,, dibawah tekanan waktu dan tatapan mbak-mbak psikolog nya kita dibuat tak berdaya, buntu ditempat untuk mengembangkan imajinasi dan kemampuan alamiah kita dalam menyelsaikan soal-soal ini.
Tipsnya adalah:
Sebelum tes usahakan latihan dulu, kalau perlu beli buku persiapan PKSS. Tips kedua hadapi dengan tenang (walau saya sendiri cukup resah gelisah) karena badai pasti berlalu.

2. Tes Deret Koran

Mungkin dari semua tes saat itu, tes ini yang paling membuat tekanan batin. Kenapa, karena anda akan dihadapi pada simulasi tantangan kerja. Ya, tes ini memang ditujukan untuk melihat seberapa tahan anda dalam bekerja dengan ribuan kewajibanya. You know that! It's Bank. BRI. You must be a workholic or Superman. A BRI employee is Superman! A great people meet A "huge" job.
Karena ya Kerja di Bank itu berat, saya katakan itu seyakin-yakinnya kepada anda. Oleh karena itu tes ketahanan kerja mutlak diperlukan. 
Pada tes ini anda harus diminta menjumlahkan, bisa dari atas kebawah atau sebaliknya tergantung instruksi psikolognya. Saya kemarin mendapat instruksi dari bawah ke atas, lihat contoh gambar, ada deret (dari bawah), 3,2,1, tugas anda adalah jumlahkan 3+2, lalu letakan hasilnya diantara 3 dan 2, yaitu empat. begitu seterusnya.
Tips yang utama adalah:
Latihan dirumah mengenai hitungan simpel, misal 3 +5, 8+9, 6+7, saya sendiri paling sering lupa pada operasi penambahan 7+6, 8+6, 8+4, yaa itu kelemahan versi saya, anda harus temukan kelemahan anda juga.

3. Kepribadian


Tes ini kalau tidak salah isinya sekitar 90 soal, yaa tips nya kerjakan ajalah sejujur-jujurnya. Tapi ada juga sih yang bisa kalian logika in, nipu gitu kasarnya. Caranya ya, cari aja pilihan yang paling bijaksana (kalau yang pernah ikut tes CPNS, ini mirip-mirip kayak TKP nya CAT).
Tips:
Lihat waktu, dan tetap isi aja semuanya. 

4. Tes Gambar Berseri


Tes selanjutnya adalah tes melanjutkan gambar, ada beberapa gambar, empat gambar biasanya, maka tugas anda adalah mencari urutan gambar selanjutnya dari empat pilihan yang berbeda.
Tipsnya:
adalah amati dengan benar ke empat gambar yang menjadi soal, cari pola tertentu yang akan menuntun menuju pola selanjutnya, amati perpindahan tiap bagian, atau perubahan bentuk dari gambar awal ke gambar selanjutnya.

Dan ultimate Tips yang bisa saya bisa sarankan adalah:
1. DOA BAIK DARI SENDIRI, ORANG TUA, TEMAN DAN LAIN LAIN
2. DENGARKAN INSTRUKSI DARI PEMANDU/PSIKOLOG BAIK-BAIK

Semoga kawan-kawan pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan ini. dan selamat berjuang menjadi pekerja BRI. Pasti Bisa! Luar Biasa! Let's Do It! Let's Do It! 
If You Think You Can! You Can!




Bapakdodo




24 comments:

  1. Terimakasi :)
    Yes, I CAN :D
    I CAN DO IT !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

      Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

      Delete
  2. Kmren berapa lama sampe dengan hasil nya gan? PKSS wilayah mana? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir 2 bulan gan, wilayah Kalimantan Barat, Pontianak.

      Delete
  3. bro, gw bru saja dpt kabar untuk tes psikotes. Tp berhubung hrus keluar kota dan jaraknya yang cukup jauh. akhrnya gw ''bales kalo nggak bisa ikut dengan alasan kagak ada biaya''
    Pertanyaanya, kalo nggak ikut psikotes, apa mungkin masih diberi kesempatan ikut psikotes lagi(psikotes susulan)?
    Thnkz

    ReplyDelete
  4. masih inget gak gan nama buku psikotes bri nya ?

    ReplyDelete
  5. sangat membantu gan infonya, thnks...

    ReplyDelete
  6. ane mengajukan lamaran sekitar 4 bulan yg lalu dan baru aja ane dapat tlpon dari pihak BRI, di suruh kesana besok, tapi tdk ada keterangan kesananya untuk apa?

    ReplyDelete
  7. Mau tanya dong, proses pkss itu brp bulan ya? Sedih banget udh sebulan belum as kabar, katanya lolos dan udh sempet di interview user. Tp setelah interview user belum ad kabar sama sekali, nelp ke pkssnya agak susah ya ga pernah di angkat. Ad pemberi tahuan ga sih untuk tidak/diterimanya? Kalo gagal disitu tempat, bisa disalurin tempat lain ga? Abis galau banget belum ad kabar sebulan ini. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya jika tidak dikabari berarti tidak lolos mba, soalnya kemarin di tempat saya juga gitu, setiap tahap seleksi pemberitahuan hanya untuk peserta yang lolos, tetap semangat mba ^^

      Delete
  8. Siapa saja pasti akan menghadapi soal psikotes dalam setiap rekrutmen perusahaan. Ingatlah karena psikotes mau tidak mau akan menyebabkan otak cukup lelah, beristirahatlah sehari sebelum melaksanakan psikotes.
    Mau tahu bagaimana cara mengerjakan tes koran pauli atau kraepelin ?, temukan jawabannya pada link berikut.

    ReplyDelete
  9. Soal yang matematika itu duh jann agak lupa2 ingat sudah lama, mas kalo boleh tau nama perhitungan dari nomor 2 3 4 5 itu tentang perhitungan apa ya ? biar aku mau nyari2 di internet dulu rumus2nya, asli sudah lupa cara hitungnya

    ReplyDelete
  10. Pengalaman yang menarik, jika boleh berbagi ini pengalamanku http://amir-achazia.blogspot.com/2019/01/pengalaman-tes-di-bank-bri.html?m=1

    ReplyDelete
  11. Min biasanya Fisikotes apa apa aja yg ditanya ya?
    Saya d panggil cuma di bagian PT pkss nya

    ReplyDelete
  12. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    ReplyDelete
  13. Gua dapet panggilan interview tapi masa via WA +_+ kurang meyakinkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga, untuk alamat yg pasti dimana yah yg di sms sama di google beda masa

      Delete
  14. Berapa hari menunggu panggilan interview dari wa. Kan sebelum panggilan interview kita melakukan tes psikotes dan disuruh menunggu

    ReplyDelete
  15. membantu bgt kak ini blognya ♡ . makasihh kak

    ReplyDelete
  16. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    ReplyDelete

My 2nd Ads