My Ads

Wednesday, September 23, 2015

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Sistem Baru CAT


TIPS MENGIKUTI TES CPNS, TIPS MENGERJAKAN CAT CPNS, LULUS CPNS
Pagi,
Ragu dan pesimis adalah kata pertama ketika dari dulu selalu terdengar nada nada sumbang tentang proses perekrutan CPNS. Ragu karena selalu dengungan kolusi dan nepotisme yang jelas terdengar. Banyak terdengar mereka yang meninggalkan ruangan tanpa usaha maksimal dan waktu seminimal mungkin sudah dipastikan lulus. Tak tahulah benar atau salah yang jelas pesimisme adalah modal yang mau tak mau dibawa saat itu. Sudah lama juga beredar patokan 'HTM' CPNS adalah kisaran sekian juta. Begitulah, awalnya.
CAT hadir setelah melalui beberapa proses uji dan coba. Tetap ragu juga awalnya, meski secercah harapan akan kompetisi yang jujur selalu ada. Negara ini negara berkembang, negara juga pasti memikirkan cara cara fair menyeleksi warga negaranya. Optimisme selalu ada dan harus dipaksakan ada, karena itulah modal kedua setelah knowledge yang harus kita punya. Pak Mario bilang,
"Lebih baik yakin bisa lalu gagal, dari pada yakin gagal kemudian terbukti benar"
Ya kurang lebih artinya, jangan takut mencoba, segalanya tetap mungkin sebelum langit runtuh dan kalian dengar pernyataan Tuhan tentang kegagalan kalian. Namun kan, Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika mereka tidak mau merubah nasibnya sendiri. Aku selalu percaya pada semua kemungkinan baik yang terjadi padaku. Dan sepenuhnya jangan lupa menyadari bahwa manusia hanya merencanakan dan Tuhan yang memastikannya.
Cerita ini akan terasa tak beraturan kayaknya, karena beginilah cerita ini mengalir di sini (iya.. disini).

Persiapan level 1:
Bukan hal mudah memikirkan masa depan dan nasib ketika ijazah s1 tergenggam di tangan, dan segala kemungkinan kedepan sudah dihadapan mata, mau sukses sekarang saatnya, mau suram tinggal katakan saja ya. Tapi tentu sebagai mahasiswa, freshgraduate, sedang panas-panasnya baru lepas dari kurungan 3 tahun lebih dikampus. Ingin bebas, ingin merasakan kerja itu bagaimana. Kelulusan ku sekitar bulan Juni 2014 dan issue penerimaan CPNS sudah dihembuskan sejak sebelum bulan itu. Kepastian pembukaan pendaftaran CPNS ada dibulan November 2014. Persiapan pertama, tentu browsing syarat-syarat pendaftaran, ada hal yang paling menyakitkan saat itu, issue yang beredar bilang kalau prasyarat akreditasi jurusan adalah B, sedangkan apa daya jurusan kami hanya berpredikat C. Perlahan waktu membuktikan itu hanya isu, dan syarat minimal sudah dicukupi oleh apa yang jurusan saya punya. Kedua, membeli buku tutorial. Bukan untuk menghafal soal, tapi untuk mencari bentuk dan pola bagaimana kira-kira soal yang akan keluar ketika hari H. Ketiga, saat itu tidak sengaja membaca disebuah situs berita online, tentang aplikasi android yang membantu persiapan CPNS (disana sih nyebutnya game/bukan simulator).

Persiapan level 2:
Setelah semua bahan oke. Tahap kedua adalah tahap memanfaatkan. All those things you have bought will be nothing when you do not interact with. Proses ini paling penting menurut saya. Apalah artinya semua yang ada miliki itu tanpa Eksekusi. Sekali lagi, Eksekusi (Belajar dan Berusaha)

Persiapan level 3:
Setelah semua persiapan di level 1 dan 2 terlaksana. Saatnya memasrahkan hasil usaha pada yang punya kuasa dan pengatur segalanya Allah SWT. Banyak berdoa, selalu yakini setiap jalan yang ia tunjukan adalah selalu lebih baik dari yang kita siapkan. Amin.

Itu saja saya rasa yang bisa saya bagi, saya tak mau menggurui tapi lebih kepada berbagi cerita dan pengalaman mengikuti tes CPNS ini. Terima kasih. Semoga beruntung dan siap menjadi abdi negara.

Sekian terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

My 2nd Ads