My Ads

Friday, March 8, 2013

Taksonomi Bloom - Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Selamat Siang!!!
Yang pada nyasar ke blog bapakdodo, 


Hari ini kembali lagi posting mengenai tugas, sekedar berbagi, semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Mohon dikoreksi kembali, soalnya namanya juga tugas seorang mahasiswa yang mengerjakan dengan berbagai keterbatasan waktu, ilmu, maupun sumber referensi.

I'm Not The Expert, I Just Tell You What I Did. :)
Keep Belajar.... :)






NOTE: Demi kebaikan bersama, file versi full makalahnya diberi proteksi berupa password. Oleh karena itu bagi sobat yang ingin menikmati file komplitnya silakan komen dibawah/ email aja ke: likely.dodo@gmail.com, email akan saya balas sesegera mungkin. :)
Download aja dulu filenya, Linkny ada dibagian bawah.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Makalah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris,
Taksonomi Bloom
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “TAKSONOMI BLOOM”.
Makalah ini berisikan tentang penjelasan  alat evaluasi khususnya taksonomi bloom dan contoh yang kongkrit.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang  maateri evaluasi pengajaran bahasa inggris.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


                                                                                                                   Pontianak, 20 september 2012


                                                                                                                   Penyusun

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  
 BAB I 
PENDAHULUAN

A.LatarBelakang
   Taksonomi bloom merujuk pada tujuan pembelajaran yang diharapkan agar dengan adanya taksonomi  ini para pendidik dapat mengetahui secara jelas dan pasti apakah tujuan instruksional pelajaran bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.

B.Rumusan Masalah
Masalah yang di bahas dalam makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.Apakah yang dimaksud dengan taksonomi bloom  ?
2.Apa saja yang termasuk dalam prinsip-prinsip dalam taksonomi?
3.Apa saja ranah-ranah yang ada dalam taksonomi bloom?

C.Tujuan
Tujuan dalam masalah ini adalah:
1.Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan taksonomi bloom
2.Untuk mengetahui apa saja  prinsip-prinsip dalam taksonomi
3.Untuk mengetahui ranah-ranah yang ada dalam taksonomi bloom


Dokumen:


Bapakdodo
Pontianak, 09 Maret 2013
Ketika sedang menikmati sejuknya Pontianak dalam ruangan........ :)

Tuesday, March 5, 2013

Melewati Tantangan MaKul Public Speaking, dengan Memberikan Speech Tentang Social Network


Tugas Lagi,
Malam ini..
Cukup malas untuk posting ide baru... hehe
So, dari pada nganggur di laptop, bagusnya saya share semoga dapat memberikan referensi kepada kawan-kawan jika menghadapi perihal yang sama dengan saya.
Beberapa hal mengenai teks ini adalah:

1. Teks tugas ini adalah bagian dari Mata Kuliah Public Speaking

2. Tema pidato saya adalah:
    Umum: Social Network
    Khusus: Advantages and Disadvantages Social Network For Students

3. Format penulisan adalah sudah (kata Dosen saya, Mr. Deddi Irwan) memenuhi 11 elemen paling penting
    di speech (saya akan share ini juga selanjutnya, KLIK) yang umumnya memiliki 5 part, dari opening  
    sampai closing.

4. Saya menempuh Pendidikan S1 Bahasa Inggris, di STKIP PGRI Pontianak

5. Apa yang akan anda baca di teks yang saya buat, pastinya akan menemukan banyak kesalahan, saya
    mohon kemaklumannya dan dapat memberikan komentar/kritik/ :)

6. Wish this will help you.

7. I'm not the expert, I just tell you what I did.

8. Check this out!

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SOCIAL NETWORK
(judulnya sedikit banyak terinsipirasi dari film yang berjudul sama)


Assalamualaikum wr.wb
Good morning ladies and gentlemen who are my respected audiences, exactly STKIP PGRI Pontianak’s students or everyone who attending in this place. Thank you very much to give me time so I can stand up here in front all of you to deliver a speech.
On this happy morning, let us reflect and grate together for a moment, hopefully we are up this morning still blessed with happiness by God the Almighty, given the power to give thanks always. And let us prove to keep running and stay away from the obligation imposed by Allah the Lord is the Most Just. And don’t forget to send our loves to our prophet, Muhammad SAW, because he has brought us from the dark world to the knowledge world as we feel now.
Well, today, in this very special moment, let me stand here to deliver a speech about Social Network, especially about advantages and disadvantages of social network usage. Now, about the most important question is how important it is for you. Let I emphasize once more that it’s extremely important to us. Trust me! We have entered the whirlpool of social network world. So this is important, to inform you, to introduce to you about this condition when social network has become our part in life.  For instance, I privately believe that no one in this room doesn’t have a like Facebook accounts, twitter accounts, blogger and other kind of social network. Let me greet the people who have Facebook accounts, for you who have twitter accounts, Myspace’s, Friendster’s.
Well, enter the speech, I have four main points here that will be supported by many explanations and examples that will convince you about that’s the real situation.
The first one, I will convey the introduction to you about what is social network itself and then history of social network, and then about the several examples social network are booming now.
The second point is about advantages or what will you get in using social network.
The third is about disadvantages of using social network, I will elaborate some examples like Social Network could make people addictive of it, make us lack in interaction with real world and etc.
The fourth point, I will convey to you the solutions, how to overcome the disadvantages or bad effects of using social network.
 .........................
.........................



Bapakdodo
Pontianak, 3 Maret 2013
Masih juga memikirkan kekalahan Barca akhir-akhir ini.......#bantinglaptop

Sunday, March 3, 2013

CBLT (COMPETENCY-BASED LANGUAGE TEACHING) - TEFL


Selamat Malam Bapakers Semua..
Postingan kedua malam ini..

Dibawah ini adalah Chapter 1, dari Makalah Saya untuk Mata Kuliah TEFL (Teaching English as Foreign Language). Silakan dibaca mungkin bisa membantu sobat-sobat semua dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan CBLT (COMPETENCY-BASED LANGUAGE TEACHING).
  1. NOTE

Mohon dikoreksi kembali, isi makalah ini tidaklah sempurna, dan saya yakin akan kesalahan yang terdapat didalamnya baik yang kecil maupun yang fundamental. Kita dalam tahap sama-sama belajar.


CHECK THIS OUT
BELOW
File komplitnya bisa dibaca di link yang saya sertakan di akhir Chapter I tersebut.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

CHAPTER 1
INTRODUCTION
COMPETENCY-BASED LANGUAGE TEACHING

A.Background

            For many years, English students were taught about the language in self, but not taught how to use the language in neighborhood properly. Even at the present day, the products of education still make disappointments; in the way of the students use English. Most of the students are capable in preserving their memories about the learning materials given by the teacher, but they don’t really understand how to use it. They still have difficulties to use English. Whereas they need it related with environment and society for they will be work and live with.
            The 21st century is the era of Knowledge Economy where sciences are modals that create competitive advantage, innovative capabilities and effective solutions. Because of the globalization era and the increase of industrial world, English speaker workers are more demanded. But nowadays, the output from educational world is still having no competencies.
            “A qualification or a job can be described as a collection of units of competency, each of which is composed on a number of elements of competency. A unit of competency might be a task, a role, a function, or a learning module. These will change over time, and will vary from context to context. An element of competency can be defined as any attribute of an individual that contributes to the successful performance of a task, job, function, or activity in an academic setting and/or work setting. This includes specific knowledge, thinking processes, attitudes, and perceptual and physical skills. Nothing is excluded that can be shown to contribute to performance. An element of competency has meaning independent of context and time. It is the building block for competency specifications for education, training, assessment, qualifications, tasks, and jobs.” Because of that, we need a suitable method for English Language Teaching to relate both of the worlds mentioned above, that is Competency-Based Language Teaching.

B. Problems
From the background above, we would like to discuss the question about:
a. What is meant by CBLT?
b. What are the approaches of CBLT?
c. What are the implementations of CBLT?
d. What are the competencies involved in CBLT?
e. Who are the targets of learners?

B. Purposes
From the problems above, we would like to answer the question about:
a. To know what is meant by CBLT.
b. To know what are the approaches of CBLT.
c. To know what are the implementations of CBLT.
d. To know what are the competencies involved in CBLT.
e. To know who are the targets of learners.


Baca selengkapnya di:

Bapakdodo
Pontianak, 3 Maret 2013
Ketika hati masih remuk redam merelakan Barca kalah...........

Finally, I decided to choose Nikon D5100 (Cerita 1)

Yeah, judulnya Bahasa Inggris-biar keren ajalah yaaa.. :)
But, isinya akan Bahasa Indonesia,, heheee,,

SELAMAT MALAM LAGI
Masuk Lagi di bapakdodo.blogspot.com, baik anda yang sengaja datang berkunjung maupun, yang terjebak  traffic si uncle google or other search engine.. :)
But, thank you untuk kedatangannya.. :)
WELCOME

Sesuai judulnya, ini akan sedikit bercerita mengenai kegalauan akan pilihan, not about girlfriend, not about works, or another unimportant thing but ini cerita mengenai kegelisahan memilih kamera yang mengantar saya untuk pertama kali memegang Kamera DSLR.. :)
It is NIKON D5100..
Kayak gini ni modelnya..
DEPANNYA
ATASNYA
BELAKANGNYA
Akhirnya setelah sekian minggu membaca, mendiskusikan, menalaah, menonton, mendengar, pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2013 I bought this device. Di toko kedua yang didatangi 1 hari sebelumnya. Proses penebusan uang 5.950.000,- waktu itu cukup memakan waktu, dua hari sekian jam akhirnya secara resmi dan meyakinkan si DLSR yang punya layar flip ini beralih ketangan saya. Mahar aslinya adalah 5.600.000,- without camera bag, anti gores, dan filter UV. hemzz.. But, ajakan abangnya terlalu menggoda dengan menyodorkan berbagai macam aksesoris yang wajib dimiliki oleh si hitam nan berat ini.
Sebut saja si, 


1. Filter UV, merk apa ya lupa saya, yang berharga 150.000, karena pikiran yang terlalu simple saya mengiyakan saja pilihan merk terbaik yang abang itu sampaikan, menepis ketertarikan saya akan versi terjangkau berkualitas sedang disampingnya.
2. Si Anti gores, mungkin dari semua yang saya beli, ini yang paling penting (selain kamera + kitnya dong yaa...hehe), karena sebagaimana yang saya sadari saya adalah orang yang paling selengekan (apa yaa b.indonesiany) dalam mengurus hal-hal yang memerlukan perhatian halus, tidak terburu seperti yang biasa saya lakukan kepada benda saya."anti goresnya mas?", ini asli untuk Nikon 5100 mas, tanpa potong-potong?", abangnya berorasi Okelah... (Saya iyakan aja)... Dengan harga, hemmss berapa yaa, pokonya paling murah diantara yang lain..



3. Si tas, balok, besar, tebal, bahan busa, dan ringan (ternyata hehee), awalnya saya memilih yang kecil itu, sejenis tas pinggang namun akhirnya saya pilih yang besar setelah berpikir ulang, ahh sekalian aja dah beli yang gede, dari pada nanti beli pas udah ada kamera, gak bakalan..hahaa, makanan mengalahkan tas kamera..haha.. :D... Namun hasrat dan nafsu saya, belum puas saya bertanya akan tas kamera yang memiliki fungsi gendong itu, pas tw harganya yang biasa 300.000, ohh biasa sihhh, nanti aja mas saya bilang, namun pas dengar yang bagus harganya mendekati satu juta, saya seperti tersedak, serasa ingin memuntahkan dahak panas didalam kerongkongan, sebagai efek panasnya bumi pontianak ini, wktu itu.. :)
Note: Gambar dismping bukanlah gambar tas saya, namun tasnya memang sama seperti itu. Gambarnya saya pinjam dari.... mana itu yaa, ada watermarknya tuu cek sendiri yaa... Thanks utk yg punya..

Mari tinjau beberapa uraian yang tak penting dibawah ini, mengenai, 5W + 1H pembelian Kamera DSLR ini, khususnya Nikon D5100 yang saya lakukan 2 hari yang lalu:

Buat apa beli bro, loo itu kuliahnya guru kan? Bukan fotografi...
Pengen aja.. Terkadang ada momen-momen dimana kita sangat membutuhkan kamera walaupun punya kamera HP or kamera saku, namun tidak salah toohhh untuk memiliki kamera dslr. Namun perlu diingat bahwa, jika beli hanya sekedar untuk disimpan saja, pikirkanlah keuangan, jangan pernah paksakan keuangan kita untuk sesuatu yang sifatnya nomor 9 (1 s.d. 5 Pancasila, 6,7,8 primer, sekunder, tersier...)

Pengalaman apa yang didapat selama proses pra-beli dan pasca-beli..
1. Saya menikmati proses sebelum membelinya sobat..hehe, tidak tahu kenapa, ketika niat nya sudah mau beli DSLR, walaupun pada saat itu uang yang dimiliki benar-benar jauh panggang dari api, namun mencari referensi belum beli tooo, saya menikmati momen-momen berurusan dengan internet, mulai dari web resmi yang mereview kamera dan lensa, forum-forum fotografi, sampai blog pribadi saya jabanin untuk mendapatkan referensi akurat hingga tak beli kucing dalam karung. Mulai dari menggunakan laptop, hingga HP, semangat saya membara, untuk mengubek-ubek istilah kamera, jenis, tipe, merk, kegunaan dan lain-lain, yang awalnya saya bodobale menjadi bertambah setetes ilmunya mengenai dunia ke-kameraan. :)
Tips: Baca, Tonton, Tanyalah dulu sebelum membeli apapun itu.

2. Ternyata, jika kita telah menetapkan tujuan, "Banyak Jalan Menuju Roma ya Sobat", at least, that's what I learn from my experienced. Landasan ketidak tahuan kita akan sesuatu menuntun kita menuju pemahaman bahwa, tidak akan ada yang tahu selama belum berusaha mencari tahu. Penemuan akan kamera Nikon DSLR di toko Benjaya (kalau taksalah namanya) adalah hasil dari ketidakmaluan saya diskusi, bertanya, hingga menghabiskan pulsa.

3. Saya, masih memikirkannya.. :D..hehee,

Yahh...
Itu dulu deh untuk malam ini mengenai sedikit cerita Behind The Scenesnya Pembelian Kamera DSLR saya... :)...
akan berlanjut ke episode selanjutnya:

NEXT ////Sementara belum ada nextnya yaaa, tunggu kelanjutannya a weird writing ini..../////



Jepretan Pertama:
Walo bukan yang paling pertama:


Bapakdodo
Pontianak, 3 Maret 2013
Seorang manusia yang mau segala hal..hadehhhhhh...



My 2nd Ads