My Ads
Friday, March 8, 2013
Taksonomi Bloom - Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris
Selamat Siang!!!
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang pada nyasar ke blog bapakdodo,

Hari ini kembali lagi posting mengenai tugas, sekedar berbagi, semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Mohon dikoreksi kembali, soalnya namanya juga tugas seorang mahasiswa yang mengerjakan dengan berbagai keterbatasan waktu, ilmu, maupun sumber referensi.

Hari ini kembali lagi posting mengenai tugas, sekedar berbagi, semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Mohon dikoreksi kembali, soalnya namanya juga tugas seorang mahasiswa yang mengerjakan dengan berbagai keterbatasan waktu, ilmu, maupun sumber referensi.
I'm Not The Expert, I Just Tell You What I Did. :)
Keep Belajar.... :)
NOTE: Demi kebaikan bersama, file versi full makalahnya diberi proteksi berupa password. Oleh karena itu bagi sobat yang ingin menikmati file komplitnya silakan komen dibawah/ email aja ke: likely.dodo@gmail.com, email akan saya balas sesegera mungkin. :)
Download aja dulu filenya, Linkny ada dibagian bawah.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Makalah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris,
Taksonomi Bloom
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang
alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “TAKSONOMI BLOOM”.
Makalah
ini berisikan tentang penjelasan alat
evaluasi khususnya taksonomi bloom dan contoh yang kongkrit.Diharapkan Makalah
ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang maateri evaluasi pengajaran bahasa inggris.
Kami
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi
kesempurnaan makalah ini.
Akhir
kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta
dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Pontianak,
20 september 2012
Penyusun
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB
I
PENDAHULUAN
A.LatarBelakang
Taksonomi bloom merujuk pada tujuan
pembelajaran yang diharapkan agar dengan adanya taksonomi ini para pendidik dapat mengetahui secara
jelas dan pasti apakah tujuan instruksional pelajaran bersifat kognitif,
afektif atau psikomotor.
B.Rumusan
Masalah
Masalah yang di
bahas dalam makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.Apakah yang
dimaksud dengan taksonomi bloom ?
2.Apa saja yang
termasuk dalam prinsip-prinsip dalam taksonomi?
3.Apa saja ranah-ranah
yang ada dalam taksonomi bloom?
C.Tujuan
Tujuan dalam
masalah ini adalah:
1.Untuk
mengetahui apa yang dimaksud dengan taksonomi bloom
2.Untuk
mengetahui apa saja prinsip-prinsip
dalam taksonomi
3.Untuk
mengetahui ranah-ranah yang ada dalam taksonomi bloom
Dokumen:
Bapakdodo
Pontianak, 09 Maret 2013
Ketika sedang menikmati sejuknya Pontianak dalam ruangan........ :)
Tuesday, March 5, 2013
Melewati Tantangan MaKul Public Speaking, dengan Memberikan Speech Tentang Social Network
Tugas Lagi,
Malam ini..
Cukup malas untuk posting ide baru... hehe
So, dari pada nganggur di laptop, bagusnya saya share semoga dapat memberikan referensi kepada kawan-kawan jika menghadapi perihal yang sama dengan saya.
Beberapa hal mengenai teks ini adalah:
1. Teks tugas ini adalah bagian dari Mata Kuliah Public Speaking
2. Tema pidato saya adalah:
Umum: Social Network
Khusus: Advantages and Disadvantages Social Network For Students
3. Format penulisan adalah sudah (kata Dosen saya, Mr. Deddi Irwan) memenuhi 11 elemen paling penting
di speech (saya akan share ini juga selanjutnya, KLIK) yang umumnya memiliki 5 part, dari opening
sampai closing.
4. Saya menempuh Pendidikan S1 Bahasa Inggris, di STKIP PGRI Pontianak
5. Apa yang akan anda baca di teks yang saya buat, pastinya akan menemukan banyak kesalahan, saya
mohon kemaklumannya dan dapat memberikan komentar/kritik/ :)
6. Wish this will help you.
7. I'm not the expert, I just tell you what I did.
8. Check this out!
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOCIAL NETWORK
(judulnya sedikit banyak terinsipirasi dari film yang berjudul
sama)
Assalamualaikum wr.wb
Good morning ladies and gentlemen who are my respected audiences,
exactly STKIP PGRI Pontianak’s students or everyone who attending in this
place. Thank you very much to give me time so I can stand up here in front all
of you to deliver a speech.
On this happy morning, let us reflect and grate together for a
moment, hopefully we are up this morning still blessed with happiness by God
the Almighty, given the power to give thanks always. And let us prove to keep
running and stay away from the obligation imposed by Allah the Lord is the Most
Just. And don’t forget to send our loves to our prophet, Muhammad SAW, because
he has brought us from the dark world to the knowledge world as we feel
now.
Well, today, in this very special moment, let me stand here to
deliver a speech about Social Network, especially about advantages and
disadvantages of social network usage. Now, about the most important question
is how important it is for you. Let I emphasize once more that it’s extremely
important to us. Trust me! We have entered the whirlpool of social network
world. So this is important, to inform you, to introduce to you about this
condition when social network has become our part in life. For instance,
I privately believe that no one in this room doesn’t have a like Facebook
accounts, twitter accounts, blogger and other kind of social network. Let me
greet the people who have Facebook accounts, for you who have twitter accounts,
Myspace’s, Friendster’s.
Well, enter the speech, I have four main points here that will be
supported by many explanations and examples that will convince you about that’s
the real situation.
The first one,
I will convey the introduction to you about what is social network itself and
then history of social network, and then about the several examples social
network are booming now.
The second point is about advantages or what will you get in using social
network.
The third is
about disadvantages of using social network, I will elaborate some examples
like Social Network could make people addictive of it, make us lack in
interaction with real world and etc.
The fourth point, I will convey to you the solutions, how to overcome the
disadvantages or bad effects of using social network.
.........................
.........................
Bapakdodo
Pontianak, 3 Maret 2013
Masih juga memikirkan kekalahan Barca akhir-akhir
ini.......#bantinglaptop
Sunday, March 3, 2013
CBLT (COMPETENCY-BASED LANGUAGE TEACHING) - TEFL
Selamat Malam Bapakers Semua..
Postingan kedua malam ini..
Dibawah ini adalah Chapter 1, dari Makalah Saya untuk Mata Kuliah TEFL (Teaching English as Foreign Language). Silakan dibaca mungkin bisa membantu sobat-sobat semua dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan CBLT (COMPETENCY-BASED LANGUAGE TEACHING).
- NOTE
Mohon dikoreksi kembali, isi makalah ini tidaklah sempurna, dan saya yakin akan kesalahan yang terdapat didalamnya baik yang kecil maupun yang fundamental. Kita dalam tahap sama-sama belajar.
CHECK THIS OUT
BELOW
File komplitnya bisa dibaca di link yang saya sertakan di akhir Chapter I tersebut.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
CHAPTER 1
INTRODUCTION
COMPETENCY-BASED LANGUAGE TEACHING
A.Background
For many years, English students were taught about the language in self, but not taught how to use the language in neighborhood properly. Even at the present day, the products of education still make disappointments; in the way of the students use English. Most of the students are capable in preserving their memories about the learning materials given by the teacher, but they don’t really understand how to use it. They still have difficulties to use English. Whereas they need it related with environment and society for they will be work and live with.
The
21st century is the era of Knowledge Economy where sciences are modals that
create competitive advantage, innovative capabilities and effective solutions.
Because of the globalization era and the increase of industrial world, English
speaker workers are more demanded. But nowadays, the output from educational
world is still having no competencies.
“A qualification or a job can be
described as a collection of units of competency, each of which is composed on
a number of elements of competency. A unit of competency might be a task, a
role, a function, or a learning module. These will change over time, and will
vary from context to context. An element of competency can be defined as any
attribute of an individual that contributes to the successful performance of a
task, job, function, or activity in an academic setting and/or work setting.
This includes specific knowledge, thinking processes, attitudes, and perceptual
and physical skills. Nothing is excluded that can be shown to contribute to
performance. An element of competency has meaning independent of context and
time. It is the building block for competency specifications for education,
training, assessment, qualifications, tasks, and jobs.” Because of that, we
need a suitable method for English Language Teaching to relate both of the
worlds mentioned above, that is Competency-Based Language Teaching.
B.
Problems
From the background above, we would like to discuss
the question about:
a. What is meant by
CBLT?
b. What are the approaches of CBLT?
c. What are the implementations of CBLT?
d. What are the competencies involved in CBLT?
e. Who are the targets of learners?
b. What are the approaches of CBLT?
c. What are the implementations of CBLT?
d. What are the competencies involved in CBLT?
e. Who are the targets of learners?
B.
Purposes
From the problems above, we would like to answer the
question about:
a. To know what is
meant by CBLT.
b. To know what are the approaches of CBLT.
c. To know what are the implementations of CBLT.
d. To know what are the competencies involved in CBLT.
e. To know who are the targets of learners.
b. To know what are the approaches of CBLT.
c. To know what are the implementations of CBLT.
d. To know what are the competencies involved in CBLT.
e. To know who are the targets of learners.
Baca selengkapnya di:
Bapakdodo
Pontianak, 3 Maret 2013
Ketika hati masih remuk redam merelakan Barca kalah...........
Finally, I decided to choose Nikon D5100 (Cerita 1)
Yeah, judulnya Bahasa Inggris-biar keren ajalah yaaa.. :)
But, isinya akan Bahasa Indonesia,, heheee,,
SELAMAT MALAM LAGI
Masuk Lagi di bapakdodo.blogspot.com, baik anda yang sengaja datang berkunjung maupun, yang terjebak traffic si uncle google or other search engine.. :)
But, thank you untuk kedatangannya.. :)
WELCOME
Sesuai judulnya, ini akan sedikit bercerita mengenai kegalauan akan pilihan, not about girlfriend, not about works, or another unimportant thing but ini cerita mengenai kegelisahan memilih kamera yang mengantar saya untuk pertama kali memegang Kamera DSLR.. :)
It is NIKON D5100..
Kayak gini ni modelnya..
![]() |
DEPANNYA |
![]() |
ATASNYA |
![]() |
BELAKANGNYA |
Akhirnya setelah sekian minggu membaca, mendiskusikan, menalaah, menonton, mendengar, pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2013 I bought this device. Di toko kedua yang didatangi 1 hari sebelumnya. Proses penebusan uang 5.950.000,- waktu itu cukup memakan waktu, dua hari sekian jam akhirnya secara resmi dan meyakinkan si DLSR yang punya layar flip ini beralih ketangan saya. Mahar aslinya adalah 5.600.000,- without camera bag, anti gores, dan filter UV. hemzz.. But, ajakan abangnya terlalu menggoda dengan menyodorkan berbagai macam aksesoris yang wajib dimiliki oleh si hitam nan berat ini.
Sebut saja si,

Note: Gambar dismping bukanlah gambar tas saya, namun tasnya memang sama seperti itu. Gambarnya saya pinjam dari.... mana itu yaa, ada watermarknya tuu cek sendiri yaa... Thanks utk yg punya..
Mari tinjau beberapa uraian yang tak penting dibawah ini, mengenai, 5W + 1H pembelian Kamera DSLR ini, khususnya Nikon D5100 yang saya lakukan 2 hari yang lalu:
Buat apa beli bro, loo itu kuliahnya guru kan? Bukan fotografi...
Pengen aja.. Terkadang ada momen-momen dimana kita sangat membutuhkan kamera walaupun punya kamera HP or kamera saku, namun tidak salah toohhh untuk memiliki kamera dslr. Namun perlu diingat bahwa, jika beli hanya sekedar untuk disimpan saja, pikirkanlah keuangan, jangan pernah paksakan keuangan kita untuk sesuatu yang sifatnya nomor 9 (1 s.d. 5 Pancasila, 6,7,8 primer, sekunder, tersier...)
Pengalaman apa yang didapat selama proses pra-beli dan pasca-beli..
1. Saya menikmati proses sebelum membelinya sobat..hehe, tidak tahu kenapa, ketika niat nya sudah mau beli DSLR, walaupun pada saat itu uang yang dimiliki benar-benar jauh panggang dari api, namun mencari referensi belum beli tooo, saya menikmati momen-momen berurusan dengan internet, mulai dari web resmi yang mereview kamera dan lensa, forum-forum fotografi, sampai blog pribadi saya jabanin untuk mendapatkan referensi akurat hingga tak beli kucing dalam karung. Mulai dari menggunakan laptop, hingga HP, semangat saya membara, untuk mengubek-ubek istilah kamera, jenis, tipe, merk, kegunaan dan lain-lain, yang awalnya saya bodobale menjadi bertambah setetes ilmunya mengenai dunia ke-kameraan. :)
Tips: Baca, Tonton, Tanyalah dulu sebelum membeli apapun itu.
2. Ternyata, jika kita telah menetapkan tujuan, "Banyak Jalan Menuju Roma ya Sobat", at least, that's what I learn from my experienced. Landasan ketidak tahuan kita akan sesuatu menuntun kita menuju pemahaman bahwa, tidak akan ada yang tahu selama belum berusaha mencari tahu. Penemuan akan kamera Nikon DSLR di toko Benjaya (kalau taksalah namanya) adalah hasil dari ketidakmaluan saya diskusi, bertanya, hingga menghabiskan pulsa.
3. Saya, masih memikirkannya.. :D..hehee,
Yahh...
Itu dulu deh untuk malam ini mengenai sedikit cerita Behind The Scenesnya Pembelian Kamera DSLR saya... :)...
akan berlanjut ke episode selanjutnya:
NEXT ////Sementara belum ada nextnya yaaa, tunggu kelanjutannya a weird writing ini..../////
Bapakdodo
Pontianak, 3 Maret 2013
Seorang manusia yang mau segala hal..hadehhhhhh...