My Ads

Tuesday, January 15, 2013

(MY OWN REVIEW) Windows Phone Murah Nokia Lumia 510



Murah, disini tidak dalam artian bahwa spesies Nokia yang satu ini adalah produk windows phone murahan. Dari sudut pandang saya, pada kesan saya pertama, melihat dan mencoba membelainya menyentuhnya, membolak-balikkannya, HP ini terlihat begitu berbeda. Setidaknya, jika saya bandingkan dengan smartphone lain yang berOS Blackberry, Android, maupun iOs. Dimana preferances yang di unggulkan adalah ubin-ubin/kotak yang bisa diperkecil/dan diperbesar sesuai selera, dan menampilkan tile-tile yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Oleh karena itu, jika anda adalah seorang penggemar otomotif tile-tile anda akan berbeda dengan penggemar sepak bola.
Berikut, keunggulan Nokia Lumia 510, yang saya kutip dari Website Resmi Nokia dan beberapa review mengenai kekuranganya berdasarkan pengalaman penggunaan saya terhadap device ini:

 1. Lebar Layar Nokia Lumia 510 cukup lega, yaitu 10.16 cm, atau (4"), 

Layar besar memang untuk aktivitas tertentu mendatangkan banyak sekali nilai plus, seperti ketika memutar video, maupun melihat gambar, akan memberikan kita, permukaan yang luas,, sehingga mata akan sedikit melakukan pekerjaan berat. Namun aspek, negatifnya, yang saya rasakan saat menggunakan layar ini, adalah, layar ini terlalu besar ditangan (padahal tangan saya sudah cukup besar). Jadi ketika menggunakan terkadang sulit untuk untuk menjangkau salah satu sudut jauh dari pegangan tangan kita. 

2. Hadir dengan warna cerah, dan desain membuat

Salah satu yang membuat saya tertarik dengan Nokia Lumia ini, adalah warnanya. Cerah, kinclong, pelangi, colourful, pokoknya good lookinglah. Nahh, namun dari segi desainnya ini, saya agak begitu kurang srek. Karena, desain membulatnya ini membuatnya terlihat jelas "murah" dibanding kakak-kakaknya terutama versi Lumia 900 dan 800 yang memiliki segi empat sempurna, sehingga bagi saya sangat memancarkan kesan mewah dan sangat good looking.

3. Windows Phone, memberikan penggunanya keleluasaan seperti selalu mendapatkan update dimana saja. Seperti, Facebook, Twitter. Windows Phone bagi saya cukup mampu menyamai BBMnya Blackberry, dimana kita bisa menggunakan aplikasi sejenis seperti WhatsApp.




4. Nokia membenamkan pre-installed Office dalam Nokia Lumia ini, dan juga memberikan free space di cloudnya microsoft, Sky Drive sebesar 7GB.





5. Semua hal yang disukai ada dalam satu tempat, all in one place seperti slogannya Nokia untuk lumia ini. Misalnya, anda menginginkan status facebook anda ingin selalu update di Lumia, maka tinggal pin aja di start screenya. Bahkan, yang juga bagi saya keren adalah, Nokia Lumia ini bisa menampilkan foto kontak profil yang tersaved di HP kita.




 6. Transfer kontak yang bisa dilakukan otomatis hanya dengan sarana bluetooth. Tanpa perlu mencatat ulang/mengirim lewat sms. Sebuah kelebihan yang bagi orang yang ingin berpindah HP namun kesulitan dalam menyalin ulang kontak diHP lama.



Dari beberapa yang ditampilkan Nokia di Webnya itu, berikut saya uraikan beberapa kekurangan Nokia Lumia 510 ini menurut versi saya (sekali lagi, versi saya ini looo):

1. RAM hanya 256 MB, yang membuat dukungan aplikasi maupun permainan untuk 510 sangat terbatas.
2. Kemampuan pengambilan video 510 hanya sebatas VGA, mesikun untuk kemampuan ambil gambar cukup bagus bagi saya.
3. Tiga tombol touchscreen di body 510 (tombol back, home menu gambar windows, dan tombol search), nahh, saya sering terganggu karena tombol searchnya, ketika sedang asyik-asyik mengetik sms, ataupun main game, terkadang tombol ini tidak sengaja terpencet, sehingga langsung membuka search engine bing.
4. Kapasitas internal memori hanya 4 GB, sangat jauh dari kata cukup bagi saya yang hobby koleksi foto, maupun video. Padahal 510 tidak didukung oleh penggunaan memory eksternal.
5. Marketplace-nya Windows Phone, masih jauh kalah banyak memuat aplikasi dibanding dengan Appstore-nya Apple, maupun Google Playnya Android.
6. Penggunaan Voice Recorder, tidak disimpan ke gallery musik / videonya, (ini karena saya memang belum mengerti atau memang tidak bisa, saya belum ketemu initinya).
7. Sejumlah pengaturan untuk beberapa fitur tidak ada, seperti mode otomatis layar landscape atau portrait, tidak bisa dimatikan. yang kedua, seperti fitur getar ketika menakan ketiga tombol homescreen dibawah tidak bisa dimatikan.
8. Loading yang cukup lama untuk membuka aplikasi yang sedianya berjalan di belakang. Seperti whatsApp, masih membutuhkan waktu loading lagi, jika saya bandingkan dengan android yang pas dibuka, seketika itu juga, menampilkan pesannya.
9. Tidak ada bluetooth. Embel-embel bluetooth yang ada, hanya bisa digunakan untuk transfer kontak saja.
10. Penggunaan zune yang ribet. Jangankan untuk menggunakannya, untuk install dan sinkronisasi dengan windows phone saja cukup susah. Harus update inilah itulah.

Wahhhhhh.. kayaknya lebih banyak kekurangannya ni..heheheeg...
Yahhh,, that's what I have seen from this device..
However, I Love It, as my new beloved smartphone..


Reviewer: Bapakdodo
A  Windows Phone Lover

0 comments:

Post a Comment

My 2nd Ads